Segenap Keluarga Besar Pemerintah Desa Latukan, Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Minal Aidin wal Faizin (Mohon Maaf Lahir dan Bathin)

Kamis, 04 Juli 2013

PENANGGULANGAN HAMA TIKUS

               Alhamdulillah, pada musim tanam kali ini tanaman padi di desa Latukan yang telah mencapai masa beranak dan hampir berbuah seluruhnya terlihat hijau dan subur. Akan tetapi permasalahan yang sedang dihadapi oleh para petani saat ini adalah banyaknya hama tikus yang menyerang hampir sebagian besar lahan  pertanian yang berada di desa Latukan. oleh karena itu para petani bekerja sama dengan dinas pertanian setempat melakukan berbagai macam upaya untuk penanggulangan/ pembasmian hama tikus yang sudah meresahkan petani pada akhir-akhir ini. dan kegiatan yang dilakukan para petanipun sangat beragam. mulai dari memberi makanan dengan di berikan racun tikus, sampai ada juga yang memakai alat modern seperti setrum yang dijalankan dengan mesin diesel dan dinamo juga digunakan para petani. Hal itu bertujuan agar para petani didesa Latukan tetap bisa panen raya padi seperti yang telah diharapkan.

          Di samping itu juga dukungan dari Kelompok tani yang saling bahu-membahu bekerja sama dengan para petani untuk menyiapkan segala macam alat dan juga perlengkapan yang dibutuhkan agar dapat memusnahkan hama tikus yang sedang merajalela kali ini. dan nampak pada gambar, kekompakan dan juga kerja sama antar petani dan juga pengurus guna meredam serangan  hama tikus dengan menggunakan mercon tikus. di samping menggunakan alat modern, petani juga tidak segan-segan untuk melakukan kegiatan gropyokan secara bersama dengan menggunakan alat seadanya, seperti sengkap, jala, kayu pemukul dll.
           Dengan kekompakan para petani dan juga dukungan dari pihak terkait, mudah-mudahan hama tikus yang saat ini mewabah bisa segera di atasi. dan pada akhirnya, para petani yang berada di desa Latukan bisa memanen tanaman padinya dengan hasil yang melimpah, sehingga nantinya mampu meningkatkan taraf hidup para petani dan mendorong perekonomian desa. amiiiinnnn!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar